Rabu, 26 Oktober 2011

3 Komponen pada manusia


Komponen pada manusia.
1.      Hati
“Ketahuilah bahwa di dalam tubuh ini terdapat segumpal darah. Apabila segumpal darah itu baik, maka baik pula seluruh anggota tubuhnya. Dan apabila segumpal darah itu buruk, maka buruk pula seluruh anggota tubuhnya. Segumpal darah yang di maksudkan adalah hati.” (Hadis Riwayat Al-Bukhari).
Hati terbagi menjadi 2 bagian yaitu :

1.        Yang sifat selalu positif (Taqwaha).
                    Selalu inget kepada Allah
2.        Yang sifat selalu negatif (Fujuroha)
Selalu ingin berbuat yang dilarang oleh Allah. Contohnya : Angkuh, Iri, Dengki dan Sirik (AIDS).
”Sungguh celaka orang yang mengotori hati”.
Obat Hati
1.      Membaca Al Qur'an dengan disertai pemahaman maknanya. Al Qur'an adalah bacaan yang paling cocok dalam segala suasana. Pada saat kita gembira, maka peringatan-peringatan yang ada dalam Al Qur'an akan mampu menjadi pengerem agar kita tak lupa diri. Demikian pula halnya pada saat kita sedih, maka dengan membaca Al Qur'an terasa sekali dalam lubuk hati kita sentuhan kesejukan dari Firman Allah SWT. Kala kita gagal dalam mencapai sesuatu, maka pesan-pesan dalam Al Qur'an akan mampu menawarkan kesedihan yang ada dalam hati kita. Dengan membaca Al Qur'an, semangat yang hampir pudar karena kegagalan insya Allah akan berangsur pulih kembali.
2.      Berdzikir yang lama. Allah SWT berfirman " ..Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenang"
3.      Perbanyak puasa. Salah satu hikmah puasa, disamping dapat menimbulkan perasaan sosial terhadap sesama, adalah untuk kesehatan. Bukti-bukti cukup banyak, bahwa orang orang yang mengidap mag, malah sembuh bila berpuasa, padahal menurut ilmu kedokteran seharusnya orang yang mengidap mag menjaga makannya agar teratur dan tidak telat. Penulis sendiri juga mengalami,
gangguan pencernaan yang tak kunjung reda, malah sembuh dengan membiasakan puasa sunah. Ditinjau dari segi kejiwaanpun puasa ternyata mempunyai efek yang baik sekali.Sebab dengan puasa, secara tidak langsung
seseorang dilatih untuk dapat mengendalikan tuntutan hawa nafsu yang cenderung untuk melakukan hal-hal yang sesat. Dilain pihak, dengan berpuasa, seseorang akan jadi merasa lebih dekat dengan Allah, sehingga merasa lebih aman dan tenteram.
4.      Shalat Malam. Shalat tahajut, meskipun tidak wajib, tetapi sangat dianjurkan untuk melakukannya. Banyak ayat dalam Al Qur'an yang menujukkan betapa penghargaan Tuhan terhadap hamba-hambaNya yang datang menemuiNya, pada saat hamba-hamba yang lain lelap dalam tidur. Allah menjanjikan, terhadap orang-orang yang bersegera menuju keridhaanNya, suatu derajat yang tinggi."Dan pada sebagian malam hari bersembahyang tahajutlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji".
5.      Berkumpul dengan orang-orang sholeh. Banyak sekali hikmah yang dapat dikaji dari silaturahmi terhadap sesama saudara muslim ini. Dengan bersilaturami, maka ukhuwah yang hampir retak akan kembali utuh. Dengan bersilaturami, maka berbagai persoalan yang membelit kepala insya Allah akan dapat dicarikan penyelesaiannya. Dengan bersilaturahmi, kita dapat saling berbagi suka dan duka, berbagi kesedihan, mencurahkan perasaan, sehingga beban berat yang menghimpit, akan terasa lebih ringan, karena kita tidak sendiri. Disamping itu, saling pesan dalam kebenaran dan kesabaran hanya mungkin terlaksana apabila tali ukhuwah tetap terjalin
2.      Akal
Manusia diciptakan dengan diberi satu karunia yang tidak diberikan Allah kepada makhlukNya yang lain, yaitu akal. Dengan akal itulah, manusia diberi amanah untuk menjadi khalifah di muka bumi, agar manusia mengolah apa yang ada di muka bumi ini dengan baik, dengan akal yang diberikan pada mereka.
Akal adalah anggota tubuh yang dapat mengetahui segala hakikat sesuatu secara Rasional dan dapat mempertimbangkan sesuatu yang benar dan yang salah, akal hanya dapat mengetahui hal-hal yang Empiris dan rasional, akal berfungsi berdasarkan gerakan hati. Keputusan akal sering bertentangan dengan kemauan hawa nafsu, karena hawa nafsu selalu mengajak kepada hal yang buruk, akal mempertimbangkan akibat baik atau buruknya.
3.      Fisik
Fisik atau inggris "Body" adalah sebuah kata yang berarti badan/benda dan dapat terlihat oleh mata juga terdefinisi oleh pikiran . Kata fisik biasanya digunakan untuk suatu benda / badan yang terlihat oleh mata.
Hubungan antarketiga komponen itu :
1.      Hati berhenti makan karena sudah cukup, Akal berhenti makan karena perut sesak, kekenyangan atau sudah mual.
2.      Akal tidak mau memakan sembarang, Akal mencoba segalanya (terkadang ajimumpung dg berfikir kapan lagi bisa makan itu).
3.      Bila terhindar dari konsumsi buruk, Hati lega karena tubuh tidak rusak, Akal menyesal karena kehilangan kesempatan baik
4.      Bila mencicipi makanan enak, Hati mencicip dan berbagi rasa dengan yang lain, Akal ingin menghabiskan untuk kepuasan diri sendiri
5.      Makanan sehat yang perlu dikonsumsi tubuh tapi karena rasanya tidak enak Akal pasti menolak/berat hati, Hati tetap menyantapnya dan melupakan rasanya.
Olahraga. Fisik menjadi bugar, akalpun menjadi cemerlang dan hati menjadi tenang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar